Pendaftaran Mahasiswa Baru Intitut Teknologi Kalimantan (ITK) 2017/2018 | Kuliah Kelas Karyawan Indonesia

Pendaftaran Mahasiswa Baru Intitut Teknologi Kalimantan (ITK) 2017/2018

Bagi anda yang sedang mencari informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru Intitut Teknologi Kalimantan (ITK) 2017/2018 maka di bawah ini Pusat Informasi Kuliah Kelas Karyawan menyampaikan tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru Intitut Teknologi Kalimantan (ITK) 2017/2018 sebagai berikut:

Pendaftaran Mahasiswa Baru Intitut Teknologi Kalimantan (ITK) 2017/2018





              Institut Teknologi Kalimantan atau yang disingkat dengan ITK merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia. Institut Teknologi Kalimantan (ITK) telah diresmikan pendiriannya pada 6 Oktober 2014 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.
Visi ITK : “Menjadi perguruan tinggi unggul dan  berperan aktif dalam pembangunan nasional dan internasional.”
Misi ITK : “Menyelenggarakan Tridharma perguruan tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan dunia.”
Program Studi yang ada di Institut Teknologi Kalimantan (ITK), yaitu :
  • Fisika, Matematika, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Material dan Metalurgi, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Perkapalan, Sistem Informasi.
Dari beberapa Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di ITK.
Pada tahun ini ITK membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Nasional dan Jalur Mandiri. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak pembahasannya berikut ini.
1. Pendaftaran SNMPTN ITK
ITK merupakan salah satu PTN yang telah mengikutsertakan diri menjadi bagian dari seleksi SNMPTN. Bagi mahasiswa yang ingin masuk ke ITK, maka bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN.
SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang seleksinya didasarkan pada nilai rapor siswa yang dilihat dari nilai rapor kelas X sampai dengan kelas XII semester 1 dan prestasi lain yang relevan. Jadi penilaian nilai rapor selama 5 semester.
Baca : Cara Pendaftaran SNMPTN
Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui alamat website www.snmptn.ac.id. Untuk informasi lengkap lainnya dapat anda baca pada artikel kami yang telah dirangkum tersendiri dengan judul Pendaftaran Online SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN
2. Pendaftaran SBMPTN ITK
Mulai tahun lalu, ITK membuka jalur penerimaan mahasiwa baru melalui jalur SBMPTN. Untuk tahun ini, ITK akan membuka jalur tersebut.
SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis untuk semua peserta dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan untuk calon mahasiswa yang memilih Progam Studi Olahraga atau Seni.
Peserta dapat melakukan pendaftaran SBMPTN dengan alu sebagai berikut :
  • Peserta melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN di www.sbmptn.ac.id
  • Kemudian mencetak bukti pendaftaran awal
  • Membayar biaya seleksi di Bank BNI atau Mandiri
  • Kembali mengakses alamat www.sbmptn.or.id
  • Login menggunakan KAP dan PIN yang didapatkan dari Bank
  • Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar.
Informasi lain seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, serta keterangan lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SNMPTN
3. Pendaftaran Jalur Mandiri ITK
Jalur mandiri ITK adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Panitia Seleksi Masuk ITK (SMITeK). Seleksi dilaksanakan melalui ujian tertulis yang harus diikuti oleh semua peserta. Biasanya jalur ini dibuka setelah jalur seleksi SBMPTN.
Calon mahasiswa yang mendaftar melalui Jalur Mandiri (Berbeasiswa Pemprov/Pemkot/Pemkab) dapat memperoleh informasi melalui web Beasiswa Kaltim Cemerlang www.beasiswa-kaltim.info
Pada saat pelaksanaan ujian mandiri, peserta diharuskan membawa berkas perlengkapan berupa : kartu tanda peserta, fotocopy ijazah atau SKHUN, dan peralatan tulis.
Informasi lainnya mengenai pendaftaran  jalur mandiri ITK dapat anda baca pada www.itk.ac.id
4. Pendaftaran Bidikmisi ITK
Bidikmisi merupakan bantuan biaya hidup yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi, serta calon mahasiswa tersebut memiliki kemampuan akademik yang baik.
Apabila ITK untuk kedepan membuka dana bantuan Bidikmisi, maka anda dapat membaca informasinya di alamat resmi Bidikmisi, yaitu di bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id atau anda juga dapat membacanya secara langsung pada artikel kami yang berjudul Pendaftaran Online Bidikmisi.
Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ITK.

Loading



Demikian kami sampaikan tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru Intitut Teknologi Kalimantan (ITK) 2017/2018 semoga informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru Intitut Teknologi Kalimantan (ITK) 2017/2018 ini bermanfaat.